Sabtu, 01 Maret 2014

CATATAN HARIAN SAKHA PASCA IMPLAN KOKLEA (1)

Catatan untuk Sakha, anakku. 


23 Februari 2014

Nak, tgl 1 Februari 2014 kemarin kau sudah menjalani operasi implan koklea, maaf ya Mamak menyakitimu. Tapi semua sungguh untuk kebaikan Sakha. Tidak terasa tanggal 22 Februari kemarin Sakha switch on alat ya..

Mamak sedikit deg-degan sebelum masuk ruangan. Mamak agak sedikit worry alat ada masalah sehingga tidak berfungsi baik. Tapi Alhamdulillah ya Nak, proses switch on berjalan lancar. Alat di cek Mas Dani (Kasoem) dan berfungsi baik. Bahkan respon pertamamu saat mendengar suara "bip bip bip bip" menunjuk ke telinga, owhh leganya Mamak. Ini berarti Sakha mendengar suara itu dan Sakha memberikan hadiah untuk Mamak dengan menunjuk ke arah telinga sebagai kode yang mamak & Mba Rini (juga Mba Inda, di 3 bulan pertama terapimu, nak) terapis Sakha ajarkan selama ini jika mendengar suara. Alat berfungsi dengan baik. Namun lama kelamaan Sakha menangis. Mamak sempat agak sedikit khawatir, apakah ada yg sakit, yang Sakha rasakan. Padahal Mamak tahu kalau ini adalah salah satu respon dari efek mendengar saat switch on. Kemudian mamak menggendong dan memelukmu. Sakha tidak mau melepaskan pelukan mamak sampai beberapa lama. Hingga Sakha tertidur.. 

Sorenya, Mamak & Ayah membawamu makan di restoran cepat saji di mol. Dan Mamak senang sekali melihatmu makan dengan lahap meskipun setiap suapanmu kau keluarkan kembali alias dilepeh setelah rasanya tidak lagi enak. Hahahaha.. tidak apa-apa Nak, kau sedang belajar makan. Mungkin untuk kakak-kakakmu yg cantik & ganteng itu, makan tidak perlu belajar lagi saat mereka seusiamu. Tapi untukmu.. Kau harus belajar semuanya. Tidak apa nak, Mamak ada disini untukmu. Semua ini tidak mengurangi kebahagiaan Mamak sedikitpun. Malah kita semua jadi berpetualang banyak belajar hal baru. hehehehe.. Mamak sukak sekali dengan novel detektif, Mamak sukak mempelajari suatu hal dari pengamatan lebih dulu. Kalau tak ada kau, Nak, mungkin Mamak tidak banyak belajar lagi, alias cuek aje yee..hehehe

Sakha hari pertama pake alat baru pasca switch on 
(22 Februari 2014)

Lihatlah pose makanmu nih, nak, hahahaa.. seperti habis aja makanmu itu


Banyak PR yang harus mamak kerjakan untukmu, nak. Mamak harus mengamati bagaimana responmu dengan alat ini. Terutama kepekaan pendengaranmu. Mamak harus mengamatinya untuk bisa menemukan volume yang tepat untukmu di settingan pertama ini. Tak apa, mamak sukak mengamatimu, bahkan dalam tidurmu, xixixixi.. 

Bukan hanya volume yang harus mamak perhatikan. Mamak juga harus mengajarimu dari awal lagi seperti yang pernah kita lakukan sebelumnya saat kau masih memakai Alat Bantu Dengar (ABD)-mu. Karena kau harus menyesuaikan diri lagi dengan alat ini. Sementara sampai settingan tepat, kau masih memakai di 1 telinga saja ya nak, ABD-mu mamak simpan dulu sampai kau diijinkan memakainya untuk menyeimbangkan pendengaranmu. 

Bahkan mamak harus mencatat setiap perkembangan bahasa yang kau pahami, nak. Mamak harus membuat laporan untuk terapismu supaya bisa memantau perkembanganmu dan sebagai bahan mamak berkonsultasi untuk menjalani terapi untukmu di rumah. PR kita nak, hahahaha.. bantu mamak yak kita kerjain PR bareng-bareng. Kita juga dibantu kakak-kakakmu. Mereka senang kali mengajakmu ngobrol. 



8 komentar:

  1. titip sun buat Sakha ya maak :) ikut happy karena Sakha ada perkembangan baik yaa, semoga semakin sehat dan pintar kedepannya ya de, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak Arifah, aamiin, mudah2an sakha cepet memberikan respon yang diharapkan. belajarnya sudah 1 th 8 bulan mak, alhamdulillah, udah lumayan yang nyantol. mudah2an memang betul2 paham bukan hanya kebetulan. hehehe

      Hapus
  2. Mak Sita pasti orang hebat, sabar dan baik..... Salam sayang untuk Sakha, dan semoga cepat adaptasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mak Junita, saya sangat tersanjung.. mudah2an ga jadi lupa krn dipuji. terima kasih doanya, mak, mudah2an mak Junita juga dilimpahi berkah Tuhan selalu ya mak.. aamiin..

      Hapus
  3. ALLAH adil ya, ada anak special yang dibimbing oleh seorang bunda yg hebat n kuat :) ....Kemarin sambil ngawani dzahwa jalan-jalan sempet berpikir bagaimana kabarnya sakha ya...setelah dilakukan pemansangan Implan Koklea, alhamdulillah terjawab juga :) ... Semanagat ya bunda n sakha, kami tunggu kabar-kabar selanjutnya ... #sebenarnya untuk memotivasi kami juga hehehehe#...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Zulicha (apa aku kenal ya?), dzahwa jg spesialkan? jgn putus asa ya.. tetap bersyukur dan jaga semangat supaya tidak lelah. terima kasih mba, sudah mampir disini..

      Hapus
  4. Sakha yg spesial pasti mamaknya jg sangat special......selamat belajar ya sakha dan mamak....semoga kedepaannya semakin baik.....Nitip peluk dan cium u sakha mak....muachh...

    BalasHapus
  5. Siip siiip Mak Irowati. Trima kasih, mudah-mudahan Mamak & Sakha dapat belajar lebih baik lagi. Aamiin.. *peluk

    BalasHapus