Minggu, 16 Februari 2014

MASAK ITU KEWAJIBAN ATAU HOBI??

Jam dinding di kamar saya menunjukkan pukul 10.45 malam. Malem-malem udah gelosoran menikmati kantuk, tiba-tiba saya ingin menuliskan sesuatu tentang masak. Hehehe.. yaa saya kan ibu-ibu tulen (nganTUkan dan sok teLatEN), yang berusaha selalu menyediakan hidangan sedap di meja makan (juga meja belajar tempat saya ngetik saat ini, hihiihihi) jadi wajar dong kalau saya ingin sedikit berbagi cerita mengenai "MASAK".

Sejak saya kecil ibu saya sudah melatih saya di dapur. Waktu itu saya masih SD kelas 2 atau 3 deh ya kalau ngga salah. O ya, saya lahir kecil di Jakarta, tapi sejak usia 5 tahun, orang tua saya hijrah ke Jawa Tengah tempat bapak (Alm) dilahirkan. Tepatnya Karanganyar Kebumen. Jadi jangan kaget yaaa kalau bahasa Jawa saya memang ngapaks asli, hehehe.. 

Diawali dengan belajar menunggui api tungku (waktu itu masih menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu, minyak tanah ada tapi masih jarang dan terhitung mahal). Ibu saya memberikan tanggung jawab pada saya untuk menjaga api supaya tetap menyala. Hal ini saya lakukan setiap pagi sebelum mandi dan bersiap sekolah. Sampai saya kelas 5 SD, saya masih bertugas melakukan ini. Hingga suatu hari, ibu saya sakit perut, kemudian ibu meminta saya untuk membuat "BALADO IKAN ASIN GABUS". Hahay.. ini yang saya tunggu-tunggu. Ibu membiarkan saya memasak sendiri, hehehe.. 

Pengalaman memasak yang pertama itulah yang selalu mendorong saya ingin mencoba memasak untuk kedua kali, ketiga, keempat sampai sekarang. Saya suka sekali kalau sudah mulai riset masakan. Dari mencoba resep yang gagal total sampai berhasil baik. Biasanya setiap kali mencoba suatu resep, saya catat. Hasil percobaan pertama saya catat. Jika hasilnya tidak memuaskan, saya akan pikirkan dan otak atik kira-kira di bahan yang mana atau diproses yang mana yang harus diulang dengan percobaan kedua. Sampai saya benar-benar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang ada dalam imajinasi saya, hahahaha.. yaaa kadang memang saya suka menghayal. 

Tapi setelah saya menikah dan memasak menjadi bagian dari kewajiban saya sebagai Ibu Rumah Tangga, ada beberapa hal yang membuat saya berpikir. Apakah memasak merupakan hobi saya atau kewajiban saya semata. Bahkan ada teman saya yang mengatakan bahwa jika memasak adalah hobi, maka itu salah, karena memasak adalah kewajiban bagi seorang istri. Tapi tentu saja saya tidak bisa menerima pendapat ini. Kenapa? Ada yang tau, ada yang tau, ada yang tau??? *slruupp.. aaahhh... sruput hot coklat dulu.

Untuk bisa menikmati hasil, pasti melalui proses ya. Begitu juga saya, dengan proses yang sudah saya lalui sejak SD, saya mendapati diri saya yang sekarang. Saya senang kalau keluarga saya senang. Saya senang kalau hasil masakan saya dinikmati keluarga saya, dan mereka senang. Jadi..?? memasak sekarang hobi atau kewajiban, sepertinya tidak penting lagi bagi saya.. hehehehe. Begitu juga dengan Anda, ibu-ibu sekalian, benar bukan? 

Ini adalah sebagian yang diabadikan berawal dari awal hobi saya dalam riset (cie cie.. riset) resep:


Cake Jeruk Saos Strowberi Kukus (kebanyakan siraman saosnya nih)

Kastengel
                                                 
Nasi Ubi Urap Komplet
                                           
Cupcake pisang salah cup pake resep yang belum joss

Cup Bread 
                                   
Roti Sosis

 Bakso Tanpa Pengawet Made in saya

 Brownies Putih Telur

Cake Kismis Tabur Almond 

Cake Tape Sukade Kukus 

Cupcake Pisang Keju (resepnya udah oke setelah melalui pengujian, xixi..) 

Donat Labu Keren

Sebenarnya masih ada beberapa produksi kue yang tidak sempat saya jepret berhubung keburu diambil, seperti cake durian tabur keju, cake talas kacang kenari, termasuk cake gosong dan cake bantet yang udah abis duluan. Sayang sekali padahal gambarnya pasti mengini deh, hihihihi...

Jam di atas meja belajar saya sudah menunjukkan pukul 12 malam. Waktunya berisitirahat dan mempersiapkan energi untuk besok. So, selamat beristirahat dan mari jadi diri sendiri ajah.. 

20 komentar:

  1. menurutku hobi, hehe. tapi kalo udah nikah masuk kewajiban :D

    BalasHapus
  2. masak bagi saya adalah kewajiban seiring berjalannya waktu kewajiban itu berubah menjadi hobby yang lama-lama menghasilkan duwit xixiixii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku, hobi yang lama-lama menghasilkan duit, hihihihi...

      Hapus
  3. hobi masak biar sering dipuji.suami, qeqe

    BalasHapus
  4. wah aku pengen pinter masak kaya ibuk ku.......... masakannya tiada duanya.. selalu dinantikan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibuku sih ga pinter2 amat urusan masak mak Icha, tapi idenya itu,,, aku sering diskusi sama ibuku untuk urusan dapur yg satu ini. asik..

      Hapus
  5. wah hasil masakannya banyak sekali hehe.. baca tulisannya saya jd inget dulu waktu kecil jg sering nungguin api tungku kalau udah gitu baju mesti bau sangit semua dan keringat gemrobyos ya mbak hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ya.. *toss. iya mba, terasa serunya setelah bertahun-tahun berlalu ya..

      Hapus
  6. Waahhh..nyam-nyam bgt mak foto-fotonya..jadi laperr..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini mampir mak erlina, lagi ada donat nih, xixixi

      Hapus
  7. kalo kataku sih mak, masak itu termasuk hobi ^^ karena ga semua orang suka masak.. seperti diriku..hehe. masak jadi kewajiban kalo suami mengharuskan kita masak, tapi kalo suami ga mengharuskan masak ya jadi ga wajib, hehe.. *ini mah ngeles ya*

    BalasHapus
  8. emmm...ala bisa karena biasa,saya dulu jg g bisa masak..tp tiap di rumah sering lihat dan merhatikan ibu masak,pas nikah baru mati2an belajar masak hehehe....masak istri nggak bisa masak,heummm...yah setidaknya masak air xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi.. setidaknya masak air, itu keren mak.. xixixixi

      Hapus
  9. Menunggui api tungku?
    Jadi ingat masa kecilku mak, kira2 kita punya pengalaman sama juga soal itu. tiup2 sampe napas abis. Hehe Tapi masakan jd terasa lebih mak nyos, ya?
    Wah, itu cake saus strawberry nya bikin ngiler aja makkkk... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak.. kalo urusan tiup2an biasanya pake semprong dari batang bambu yg dipotong tepat dibawah ruas2nya ya.. jadi lbh jauh tiupannya. trus abu kayunya kemana2 hahaha... wah ternyata itu udah lama mak...

      Hapus
  10. Asyikkk mau main ahh ke rumah mba! biar bisa nyicipin maskannya yang mak nyuss!!

    BalasHapus