Senin, 07 Juli 2014

REWARD ATAS RANKING RAPOT ATAU USAHANYA?


8 Juli 2014

Ssstt... 

Mumpung Den Bagus Sakha lagi sibuk pake gadget saya, kakak-kakaknya lagi sibuk main game dan satu laptop kerja kanjeng Ayah tersisa di meja belajar. Hihihihi... saya pinjem dulu deh sebentar. Den Bagus, Mamak mau nulis dulu yaa, Sakha liat permainan sendiri dulu yaa..  

Walaupun saya tahu laptop ini diremote. Walaupun saya tahu saya sedang dalam masa percobaan pelarangan penggunaan laptop, hehehehe.. saya nekat. Maaf ya say, terasa lamaaaa ngga ngetik sesuatu tuh bikin saya lupa huruf, jangan sampai istrimu tercinta ini jadi tidak bisa berekspresi yaa, wkwkwkwk..

Beberapa minggu lalu anak-anak saya ulangan kenaikan kelas. Saya berfikir motivasi apa ya yang bisa digunakan untuk mereka supaya lebih keras belajar dan berusaha. Terlintas di pikiran saya, nilai rapot. 

"Yang di rapot ada nilai 100-nya, nanti Mamak kasih hadiah", kata saya sebelum penerimaan rapot waktu itu.

"Hadiahnya apa?", tanya anak-anak saya.

"Hmm.. kasih tahu ngga yaaa?? Udah buktikan dulu nilainya bagus, belajar yang rajin jangan nyontek ya", ujar saya. Padahal saya juga bingung kenapa nyeplos mau kasih hadiah yang saya sendiri belum ada gambaran mau kasih apa buat anak-anak hebat saya ini.

Hari pembagian rapot tiba. Alhamdulillah anak-anak saya semua naik kelas. Tidak ada nilai yang berada di bawah rata-rata kelas, meskipun juga tidak ada yang sangat istimewa. Yaa.. saya masih berusaha menemukan kemampuan terbaik mereka supaya saya bisa mengarahkannya. Tidak ada nilai 100 di rapot mereka. Hm.. tapi anak-anak saya sudah berusaha belajar dengan baik, tidak nyontek dan terus berdoa. Apa saya akan mengabaikan usaha mereka ini? Apapun hasil atas usaha mereka sekarang adalah yang terbaik yang sudah mereka usahakan. Waaah saya salah, kenapa saya mengatakan yang mendapat nilai 100 di rapot. Mestinya bukan angka patokannya. Harus diralat nih.

"Jadi gimana bos.. mau dapet hadiah ngga dari Mamak?"
"Iyaaaa tapi kan nilainya ngga ada yang 100 di rapot Ma?"
"Emang kalau ngga ada nilai 100-nya ngga dapet hadiah? Bukannya kemaren udah pada berdoa, pada belajar, ngga nyontek kan??" 
"Ngga Ma, ngga nyontek. Emang boleh minta hadiah?", tanya si tengah.
"Mau nggaaa??", sahut saya.
"Mauuu", kompakan anak sulung dan anak tengah saya menjawab.
"Okay, kita tunggu Ayah libur, Sabtu besok kita ke Gramedia yaa, kita beli komik. Okeee??"
"Bener Ma? okeeeee"

Yang nampak di mata saya hanyalah kebahagiaan anak-anak. Anak-anak yang bahagia akan tumbuh lebih sehat dan lebih cerdas. Kata siapa? Ya kata saya doongg...

Pelajaran buat saya untuk berikutnya adalah mensinkronisasikan perintah otak dengan ucapan saya supaya satu kata dalam hal mendidik moral dan kejujuran anak-anak. 




3 komentar:

  1. Asyiiik, pasti ngeborong ya beli komiknya :) Mudah2an anak2 pada sehat selalu ya mak, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya Mak, kalo udah ke Gramedia kan semua pada melotot.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus