Minggu, 25 Mei 2014

BERHENTI NGE-DOT?? SIAPA TAKUT..!!!


25 Mei 2014



Ide ini sebenarnya sudah lama saya pikirkan. Tapi hanya sebatas dipikirkan tanpa ditindaklanjuti ihik...

Hari Jumat lalu, tepatnya tanggal 23 Mei 2014. Sakha anak lanang saya terapi AVT. Tanpa diduga, di akhir sesi terapisnya bertanya.


"Sakha masih ngedot, Mama?", tanya terapis AVT Sakha. 
"Iya Mba", jawab saya. 
"Kapan akan berhenti?"

Glek...!! Ini yang tidak kunjung saya lakukan. 

"Mama, pada saat anak ngedot, gerakan mulut yang dilakukan tidak menstimulasi oral motor untuk berlatih bicara. Ini sangat berbeda dengan minum tanpa dot. Misalnya, pada saat pengucapan huruf "K" itu yang bergerak adalah pangkal lidah dengan penekanan, pada saat pengucapan huruf "T" posisi pergerakan lidah ada pada ujung, pada saat pengucapan huruf "C" lidah berada di langit-langit mulut. Nah jika anak minum menggunakan dot, pergerakan lidahnya tidak terlatih untuk mengecap. Sehingga tidak menstimulasi lidah untuk bergerak. Berbeda dengan minum menggunakan gelas yang berlubang misalnya. Pada gelas berlubang, lidah akan berusaha menahan air masuk ke mulut supaya tidak tersedak. Sehingga lidah harus berusaha mengkoordinasikan gerakan oral motor anak untuk dapat menerima masukan air dan menelan secara perlahan".

"Bagaimana kalau dengan sedotan, Mba?"

"Sedotan juga bagus Mama. Gerakan mulut menyedot itu sangat bagus untuk latihan oral motor. Supaya melatih oral motor anak agar dapat membantu pengucapan pada fase belajar bicaranya. Jadi kapan Sakha berhenti ngedot, Mama?"

"Secepatnya, Mba".

Jadi sudah paham kan kenapa?? Yuk coba sambil di cek anak-anak kita yang masih belajar bicara, hehehe... 

Dan terhitung sejak pulang terapi, saya mengusahakan untuk berhenti memberikan minum dengan menggunakan dot. Berhenti ngedot??? Siapa takutt!!!

1 komentar:

  1. Saya lupa kapan tepatnya anak saya berhenti ngedot, kalau gak salah sebelum usianya dua tahun. Tapi sampai sekarang, anak saya 2 tahun 9 bulan minum susu pake gelas tapi gelasnya suka gak mau pegang sendiri :p hihi..

    BalasHapus